Senin, 17 November 2014

RUSIA MEMBUKA PINTU LUAR ANGKASA


Rusia memiliki agensi pemerintahan yang bertanggung jawab dalam ilmu angkasa dan riset aeroangkasa umum yang disebut RKA (Российское авиационно-космическое агентство). RKA dibentuk setelah  pemecahan Uni Soviet dan pembubaran program angkasa Soviet. Teknologi RKA merupakan teknologi yang diwariskan oleh Soviet.  RKA juga meneruskan program  antariksa Soviet, yaitu di antaranya kontrol program angkasa  Rusia dan pembangunan stasion angkasa International. Badan pemerintahan ini terus berjalan dengan baik, yaitu melakukan berbagai penelitian antariksa. Pada masa Soviet, badan antariksa ini telah menemukan roket Soyuz yang didesain untuk meluncurkan pesawat ruang angkasa. Roket Soyuz dikenalkan pada tahun 1966. Pada awalnya proyek ini termasuk ke dalam program Luna yang bertujuan menempatkan seorang kosmonot Uni Soviet di bulan. Pesawat luar angkasa Soyuz dan roket Soyuz adalah bagian dari program ini. Sebelum ditemukannya pesawat ruang angkasa Soyuz, telah ditemukan pesawat Vostok pada tahun 1961. Pesawat itu merupakan bagian dari misi luar angkasa berawak untuk pertama kalinya dalam sejarah. Dalam penerbangan itu membawa seorang kosmonot yang bernama Yuri Gagarin dari Uni Soviet. Penerbangan itu merupakan tanda awal manusia memasuki luar angkasa.
Yuri Gagarin adalah manusia pertama di angkasa, yang merupakan seorang anak tukang kayu. Bisa kita bayangkan keberanian seorang Yuri Gagarin yang bersedia menjadi kosmonot pertama dalam misi penerbangan luar angkasa. Dia berani mengambil resiko yang tidak diketahui seorangpun. Dia memiliki bakat sebagai seorang pilot handal. Bakat itu  dirasakan oleh teman-teman dan para instrukturnya di angkatan udara Soviet. Setelah penerbangan itu selesai dia menceritakan tentang pemandangan bumi di luar angkasa yang begitu indah dengan cahaya biru yang cantik. Itu merupakan foto yang luar biasa, Foto bumi yang pertama dari luar angkasa. Dengan begitu, kita semua penghuni bumi bisa melihat keindahan bumi dari luar angkasa berkat jasa dari seorang anak tukang kayu bernama Yuri Alexeyevich Gagarin. Orang-Orang pada waktu itu menyebut dia seorang pahlawan.
Ada suatu kisah yang tragis tentang seorang yang bernama Vladimir Komarov yang merupakan sahabat dari Yuri Gagarin. Vladimir Komarov meninggal karena kecelakaan penerbangan misi mengorbit bumi. Sebelum terbang dia berkata pada teman-temannya bahwa mungkin dia akan mati. Akan tetapi, dia tidak ingin mundur karena dia tidak ingin Gagarin mati. Jika Vladimir Komarov mengundurkan diri, maka penggantinya adalah Yuri Gagarin. Sikap seorang sahabat yang sangat peduli bahkan nyawapun dikorbankan. Dia rela mengorbankan nyawanya demi sebuah tugas antariksa untuk kemajuan bumi kita dan juga seorang sahabat yang selalu mendampinginya.
Selain para kosmonot Rusia, ada sebuah benda yang sangat berjasa, yang merupakan ciptaan manusia yang bisa membawa kita ke luar angkasa. Benda itu dinamakan pesawat luar angkasa. Pesawat pertama yang telah mencapai luar angkasa adalah pesawat Sputnik buatan Uni Soviet. Pada tahun 1957 pesawat Sputnik terbang ke luar angkasa dengan misi mengorbit bumi dengan satelit Sputnik. Satelit Sputnik merupakan satelit pertama yang mengorbit bumi, hingga saat ini ada sekitar 800 satelit mengorbit bumi. Banyak yang berpendapat bahwa peluncuran Sputnik merupakan langkah awal manusia memperluas habitatnya ke luar planet bumi. Sampai saat ini banyak misi penerbangan luar angkasa di antaranya yang paling mengejutkan adalah pembangunan hotel di luar angkasa dan misi perjalanan manusia ke Planet Mars yang dilakukan oleh Rusia. Ini berarti Sputnik telah membuka pintu luar angkasa, sehingga kita sebagai penghuni Planet Bumi bisa berinteraksi dengan angkasa luar dengan kemajuan-kemajuan yang telah dicapai sampai saat ini.
Sebuah pesawat luar angkasa menggunakan roket untuk menembus jarak antara bumi dan luar angkasa. Roket merupakan alat penting yang menggerakan pesawat menuju luar angkasa. Dalam sejarahnya roket pertama dibuat di China sebagai kembang api yang mampu melesat ke udara. Akan tetapi saat ini roket telah menjadi suatu alat yang canggih. Roket pertama yang digunakan untuk melesatkan pesawat luar angkasa ditemukan oleh seorang warga berkebangsaan Rusia. Dia bernama Konstantin Tsiolkovsky. Dia adalah orang pertama yang memikirkan bagaimana caranya menembus luar angkasa. Penemuan roket luar angkasa ini terinspirasi oleh menara Eiffel di Paris. Dia adalah seorang ilmuan, yang telah berhasil menemukan sebuah alat yang dapat melesatkan kita menuju angkasa, sehingga penerbangan luar angkasa bisa dilakukan. Penerbangan Sputnik merupakan bukti keberhasilan Konstantin Tsiolkovsky, karena pada saat itu penerbangan pesawat Sputnik menggunakan roket yang diciptakan oleh Konstantin Tsiolkovsky. Hingga kini, penemuan roket luar angkasa sangat bermanfaat bagi kemajuan di bidang antariksa.
Sampai saat ini, RKA terus melakukan penelitian untuk kemajuan antariksa dan manfaatnya dapat kita rasakan. Rusia ikut berperan dalam mebangun stasiun luar angkasa yang bekerja sama dengan negara lain seperti Amerika dan Jepang. Stasiun luar angkasa digunakan  untuk penelitian. Selain itu juga, stasiun luar angkasa digunakan sebagai tempat hidup para awak di orbit dalam jangka waktu lama. Rusia telah merencanakan sebuah proyek besar, proyek itu adalah pembangunan hotel luar angkasa. Bangunan ini akan dijadikan bangunan komersial. Pembangunan ini murni dilakukan untuk menarik para turis yang ingin berwisata ke luar angkasa. Ini berarti perkembangan dalam bidang antariksa semakin maju. Oleh karena itu, saat ini luar angkasa tidak hanya dijadikan sebagai tempat penelitian,  tetapi juga objek wisata ke luar angkasa. Mungkin beberapa tahun ke depan kita bisa hijrah ke planet lain dan melakukan berbagai aktifitas di sana.
Rusia memiliki banyak pengalaman dalam bidang antariksa, dan pengalamannya itu meraka gunakan untuk kemajuan penelitian dalam bidang antariksa. hal ini menjadi jasa alat untuk menghadapi persaingan dengan badan antariksa lain, yaitu NASA yang merupakan badan antariksa Amerika. Rusia dan Amerika bersaing dalam pengembangan antariksa . Masing-masing saling menunjukan kelebihannya. Kebanyakan orang menganggap bahwa Amerika sedikit lebih maju dari pada Rusia, tetapi menurut saya Rusia adalah sebuah Negara yang membuka pintu luar angkasa, jika tidak ada yang membuka pintu luar angkasa mungkin saat ini kita tidak bisa melihat foto bumi dari luar angkasa yang dihiasi cahaya indah berwarna biru. Rusia sangatlah istimewa, mereka telah mempersempit batas antara bumi dan luar angkasa. Amerika dikenal oleh banyak orang dengan pendaratan manusia pertama di bulan, tetapi semua itu tidak akan terjadi jika Rusia tidak membuka pintu luar angkasa. Rusia telah menemukan sebuah roket dan pesawat Sputnik yang diterbangkan ke luar angkasa untuk pertama kalinya dan seorang anak tukang kayu bernama Yuri Gagarin telah berhasil mencapai luar angkasa, Dia adalah manusia pertama yang melihat pemandangan indahnya Bumi dari luar angkasa. Itu adalah bukti bahwa Rusialah yang membuka pintu luar angkasa pertama kalinya dalam sejarah.
Rusia memiliki peran yang sangat penting dalam penjelajahan antariksa. Rusia memainkan peran utama dalam sejarah antariksa. Orang Rusia telah menemukan berbagai alat yang mendukung dalam penjelajahan anatariksa, seperti roket dan pesawat luar angkasa. Mereka sangat spesial karena bisa menemukan sesuatu yang tidak biasa dipikirkan oleh orang lain. Rusia punya seorang anak laki-laki yang telah berhasil menjadi jembatan pertama antara bumi dan luar angkasa. Dia telah menjadi tonggak sejarah perjalanan manusia ke luar angkasa yang dilakukannya pada 12 april 1961. Pada saat itu, secara tidak langsung Yuri Gagarin telah membuka pengetahuan kepada para manusia penghuni Bumi tentang adanya luar angkasa. Suatu tempat yang sangat asing bagi setiap orang kecuali Yuri Gagarin. dia menjadi sebuah kunci yang membuka ilmu pengetahuan tentang antariksa. ilmu pengetahuan semakin berkembang dari hari ke hari, dan sangat memberikan manfaat besar bagi kehidupan d dunia khususnya dalam bidang antariksa.
Berkat peranya dalam penjelajahan antariksa pertama, kini Rusia telah menginspirasi negara-negara lain untuk melakukan berbagai penjelajahan antariksa dengan berbagai misi yang mereka bawa, salah satunya Amerika telah terinspirasi oleh Rusia, sehingga mereka melakukan perjalanan ke Bulan. Peralatan yang mendukung penjelajahan antariksa buatan Rusia semakin menetapkan Rusia sebagai negara pertama di dunia yang bisa berinteraksi dengan luar angkasa dengan sarana dan prasaran yang mereka ciptakan sendiri. Rusia telah menjadi kiblat dalam sejarah penjelajahan antariksa, hingga saat ini banyak Negara-negara yang melakukan rencana penjelajahan anatariksa termasuk Indonesia. Berbagai penjelajahan antariksa yang telah dilakukan Rusia hingga saat ini, telah berkontribusi bagi ilmu pengetahuan tentang antariksa. Kini pengetahuan ini bisa dipelajari oleh negara-negara lain yang mulai mengembangkan tehknologi di bidang penjelajahan antariksa. Mereka meminta bantuan kepada Rusia untuk membantu pengembangan penjelajahan luar angkasa. Ini merupakan bukti bahwa Rusia bisa memberikan kemajuan penjelajahan antariksa kepada negara-negara lain dengan berbagai pengalaman dan tehknologi yang dimilikinya. Semoga kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan manfaat dari perkembangan penjelajahan antariksa yang telah dibuka pintunya oleh Rusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar